animasi blog

Jumat, 14 Desember 2012

Perbandingan Pemberian Tugas Psi.Belajar dengan mata kuliah lain pada semester Ganjil T.A. 2012/2013


Perbandingan pemberian tugas pada mata kuliah Psikologi Belajar Tahun Ajaran 2012/ 2013 dengan pemberian tugas pada mata kuliah lain yang ada di Semester Ganjil sebenarnya kalau dilihat dari cara pengajarannya dengan mata kuliah lain sudah jelas banyak perbedaannya. Dalam observasi saya selama satu semester ini ketika saya mengikuti mata kuliah Psikologi Belajar, saya sangat senang dalam mengikuti alur yang diberikan, mengapa? Hal ini dikarenakan, alur pengerjaan tugas, topik apa yang dipelajari semua itu jelas. pemberian tugas yang diberikan itu mempunyai jawaban yang dapat dicari dengan mudah oleh mahasiswa karena buku pegangan “Learning and Instruction” mempunyai semua jawabannya. Sebelum membandingkan perbedaan pemberian tugas, tidak salahnya kalau saya mulai dengan persamaannya dahulu. Adapun persamaan yang dapat saya tangkap dan lihat antaranya adalah yang pertama, mata kuliah psikologi belajar dengan mata kuliah lain yang ada di semester ini adalah dosen dalam pemberian tugas sama-sama tidak ada memberikan punishment untuk mahasiswa baik dosen psikologi belajar ataupun dosen mata kuliah lain. Punishment yang dimaksudkan disini ialah punishment yang berbentuk hukuman fisik, verbal (memaki atau membentak) atau hukuman langsung yang terlihat. Yang kedua, Dosen psikologi belajar dengan dosen mata kuliah lain dalam pengajaran perkuliahannya menggunakan buku pegangan yang telah ditentukan sebelumnya dalam kontrak kuliah. Yang ketiga, Pengajaran dalam psikologi belajar dengan mata kuliah lain dalam pengantaran bahan ajar itu menggunakan proyektor untuk memudahkan menjelaskan bahan ajar kepada para mahasiswa. Sampai-sampai seperti terlihat sangat bergantung pada teknologi sekarang ini, bahkan ada dosen yang tidak bisa mengajar kalau tidak ada ketersediaan proyektor dan bergantung pada listrik untuk kegiatan belajar mengajar yang memadai menurutnya. Yang keempat, Pengajaran maupun pemberian tugas oleh dosen sama-sama disampaikan dengan jelas oleh masing-masing dosen mata kuliah. Hal ini jelas terlihat bahwa penyampaian tugas disampaikan dengan jelas, karena kalau ada dosen yang tidak menjelaskan bagaimana sistematika pengerjaan tugas yang ia berikan kepada mahasiswa, pastinya mahasiswa pengampuh mata kuliah tersebut akan merasa kebingungan ataupun yang paling parah ialah para mahasiswa sama sekali tidak mengerti apa yang seharusnya ia kerjakan. Dan dalam kenyataannya seperti yang disampaikan bahwa para dosen jelas dalam penyampaian tugasnya sehingga para mahasiswa dapat menggunakan kemampuan yang mereka miliki masing-masing untuk menyelesaikan tugas yang diberikan para dosen setiap mata kuliah. Yang kelima, Persamaannya lagi baik dosen psikologi belajar maupun dosen mata kuliah lain pemberian tugas ada diberikan batas waktu  dalam pengerjaannya oleh para mahasiswa. Hal ini jelas terlihat misalnya saja tugas yang satu ini, dosen memberikan waktu seminggu untuk menyelesaikannya dan misalnya untuk mata kuliah lain misalkan saja mata kuliah konstruksi alat ukur, pemberian tugas yang diberikan dosen jelas bahwa akan di kumpul misalnya 2 hari kemudian setelah pemberian tugas. Lalu persamaan yang keenam, mengenai pemberian tugas baik dalam mata kuliah psikologi belajar maupun mata kuliah lain itu ialah dosen dalam memberikan tugas, berusaha secara maksimal untuk mengajak keaktifan mahasiswa untuk melihat, belajar, menganalisis dan mempelajari lebih dalam mengerjakan tugas yang telah ia berikan. Mengapa saya dapat mengatakan demikian? Hal ini dirasakan sendiri oleh saya sebagai pengampuh mata kuliah psikologi belajar dan mata kuliah lain yang ada pada semester ganjil Tahun Ajaran 2012/ 2013 ini. Dapat saya jelaskan apa yang saya maksudkan dengan “berusaha secara maksimal untuk mengajak keaktifan mahasiswa” ialah pemberian tugas oleh dosen yang ia jelaskan secara jelas lalu mahasiswa dibiarkan mengerjakan tugas itu dengan sendirinya baik dengan bertanya pada orang lain, atau melakukan browsing, atau dengan membaca buku-buku yang ada diperpustakaan mahasiswa diajarkan untuk aktif dalam pelaksanaan pengajaran dan mengerjakan tugas untuk menyelesaikan tugas-tugasnya.
Perbandingan pemberian tugas pada mata kuliah Psikologi Belajar Tahun Ajaran 2012/ 2013 dengan pemberian tugas pada mata kuliah lain yang ada di Semester Ganjil ini untuk yang pertama ialah tugas yang diberikan pada mata kuliah psikologi belajar ada tugas sebelum masuk kuliah, saat kuliah ataupun setelah kuliah, sedangkan pada mata kuliah lain hanya ada tugas setelah perkuliahan selesai. Yang kedua, pemberian tugas oleh dosen mata kuliah psikologi belajar biasanya diberikan tugas ataupun materi tugas yang harus dikerjakan bisa melalui buku pegangan saja sudah dapat digunakan secara maksimal sedangkan kalau dosen mata kuliah lain itu biasa tugasnya bukan hanya berdasarkan buku pegangan yang telah disepakati saja, namun ada menggunakan buku-buku yang mengharuskan kita untuk mencari dari jurnal-jurnal dan e-book untuk mengerjakan tugas sehingga agak ribet tersebut meskipun tidak semua mata kuliah lain selain psikologi belajar yang seperti itu. Yang ketiga, ialah dalam sistematika pengajaran dan pemberian tugas dalam psikologi belajar biasanya berlandaskan tugas kelompok dan individu dibentuk kedalam kelompok-kelompok. Sedangkan pada mata kuliah lain (contoh: mata kuliah inventori kepribadian) tugas yang diberikan dikerjakan masing-masing individu meskipun individu-individu di bentuk ke dalam kelompok-kelompok kecil. Yang Keempat, dalam pemberian tugas mata kuliah psikologi belajar dosen menggunakan fasilitas e-learning dengan baik melalui blog masing-masing mahasiswa. Dan dosen dari adanya fasilitas e-learning ini dapat mengevaluasi kinerja mahasiswa. Sedangkan kalau pada mata kuliah yang lain tidak ada yang menggunakan fasilitas e-learning dalam pengajaran maupun pada proses pemberian tugas kepada mahasiswa. Bisa dibanggakan deh psikologi belajar kita. Yang kelima itu ialah pemberian tugas dalam psikologi belajar yang menggunakan blog biasanya setiap minggu akan di cek oleh dosen pengampuh kita dan akan diketahui siapa yang ada mengerjakan ataukah tidak mengerjakan, tetapi kalau pada dosen mata kuliah lain pengerjaan tugas tersebut tidak akan dicek setiap minggunya melainkan pada saat pemberian nilai akhir nantinya (pada saat setelah melaksanakan UAS). Hal ini berkaitan dengan adanya reinforcement oleh dosen pengampuh mata kuliah psikologi belajar yang setelah adanya pengecekan tugas akan ada mahasiswa yang ditegur untuk memperbaiki ataupun membuat tugas bagi yang tidak mengerjakan. Sehingga pengerjaan tugas oleh para mahasiswa tetap terkontrol. Sedangkan pada pemberian tugas oleh para dosen mata kuliah lain itu tidak akan ada teguran bagi yang tidak mengerjakan melainkan hanya akan ada pengurangan nilai bagi yang tidak mengerjakan tugas yang telah diberikan. Sedikit sharing, saya pernah lupa melaksanakan tugas yang sebenarnya adalah tanggung jawab besar. Ketika itu saya melaksanakan ujian mata kuliah Psikologi Belajar melalui blog, namun harus mengabsen diri di kantor dosen tersebut, namun sialnya saya lupa mengabsenkan diri sehingga saya ditegur dan diberikan reinforcement negatif yaitu mengerjakan tugas dan keesokan harinya baru boleh absen. Hal ini saya sadari sebagai adanya kontrol dari dosen untuk membuat mahasiswa bertanggung jawab atas apa yang ia kerjakan.
Beberapa hal ini yang dapat saya bandingkan antara mata kuliah psikologi belajar dengan mata kuliah lain yang saya ambil pada semester ini. 

2 komentar:

  1. Venti..perbandingannya baik, namun sangat minim dengan landasan teori belajar :)

    BalasHapus
  2. makasih bu masukannya, sudah saya perbaiki dengan label Penyempurnaan UAS bu.. :)
    Makasih bu.. hehe

    BalasHapus