Atas dasar laporan "pedagogi sebagai ilmu pengetahuan akan mendukung kebijakan dan praktik pendidikan" ada 3 aspek saling terkait antara lain:1. Codifying and communicating teachers' practical pedagogical knowledge --> mengkondisikan dan mengkomunikasikan pengetahuan pedagogis praktis guru.
2. Establishing systems for shared scientific pedagogical knowlegde management
--> membangun sistem pedagogis untuk berbagi pengetahuan manajemen ilmiah dan mennyediakan waktu yang cukup untuk guru dalam mengembangkan dan menerapkan pengetahuan ini.
3. Developing a robust theoretical framework for the new science of pedagogy
--> mengembangkan kerangka teori yang kuat terhadap ilmu baru pedagogi.
Pedagogi abad ke 21 dikenal juga pedagogi progresif (Progressive pedagogy). Belakangan ini telah lahir paradigma baru pembelajaran berbasis teknologi dan komunikasi. Pedagogi tidak hanya berbicara mengenai seni dan ilmu mengajar, melainkan juga mendorong banyak orang untuk melakukan redesain & pemahaman ulang atas bagaimana menggunakannya untuk merumuskan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan kemajuan zaman. Pedagogi formal bermakna pedagogi teoritis/ ilmiah, sedangkan pedagogi vernakular merupakan kata lain dari pedagogi praktis, dimana pedagogi formal & pedagogi vernakular termasuk sebagai imlu/ teori dan seni/ praktik mengajar.
Pedagogi praktis merupakan teori-teori dari pedagogi teoritis yang tlah teruji, misalnya saat di kelas, sang pendidik akan menemukan banyak pengalaman baru saat mereka sedang mengajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar